Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Halo Sahabat Logic Solution!

Gimana kabarnya? Kali ini mimin Logic Solution punya informasi tentang seluk-beluk IPDN nih.IPDN adalah Institusi Pendidikan Tinggi milik pemerintah yang bergerak di bidang kepamongprajaan agar menghasilkan kader pemerintahan baik di tingkat daerah maupun pusat. IPDN ini dibawah naungan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang saat ini memiliki banyak sekali peminat.

Daya tarik paling di kampus ini adalah tidak dipungut biaya, mendapatkan asrama khusus selama menempuh pendidikan. Didukung dengan fasilitas lengkap mulai dari tempat tidur dan lemari belajar yang cukup besar. Tak perlu soal biaya hidup karena setiap praja diberikan uang saku per bulan yang dikirimkan lewat ATM. Selain itu, masih kuliah sudah diangkat menjadi CPNS di bawah naungan Pemerintah Dalam Negeri. Sehingga tidak perlu bingung mencari kerja setelah kuliah.

Nah menilik dari sejarahnya nih, IPDN punya sejarah panjang juga loh. Jadi IPDN ada sejak zaman Hindia Belanda yang terbagi dalam beberapa periode yaitu : Pra APDN (1920-1955), APDN Daerah (1956-1989), APDN Nasional, dan STPDN (1990-2005). Barulah setelah perjalanan panjang, akhirnya tahun 2004 resmi resmi didirikan IPDN yang merupakan hasil penggabungan antara STPDN dengan Institut Ilmu pemerintahan (IIP).

IPDN sendiri memiliki kampus utama di Jatinangor, Sumedang. Adapun kampus regional yang berada di beberapa daerah yakni di Cilandak, Manado, Makassar, Pekanbaru, Bukittinggi, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, NTS, Jayapura, Aceh Besar. Saat ini IPDN juga membuka fakultas dan program studi di setiap fakultas. Beberapa diantaranya : Fakultas Manajemen Pemerintahan, Fakultas Politik Pemerintahan, Fakultas Hukum Tata Pemerintahan.

 

 

 

Hal penting lainnya yang perlu kamu tahu bahwa IPDN ini menyediakan berbagai jenjang pendidikan mulai dari Pendidikan Vokasi (Program Diploma), Pendidikan Akademik (Program Sarjana dan Program Pascasarjana) dan Pendidikan Profesi (Program Pendidikan Profesi Keahlian Kepamongprajaan). Nah berikut ini pembagiannya ya sobat!

1.   Fakultas Politeknik Pemerintahan

a.   Kebijakan Pemerintahan, Prodi S1

b.   Politeknik Pemerintahan, Prodi D-IV

c.   Pembangunan dan Pemberdayaan, Prodi D-IV

2.   Fakultas Manajemen Pemerintahan

A. Program Studi S-1 Manajemen

a) Pemerintahan

b) Sumber Daya Manusia

c) Keuangan

d) Pembangungan

B. Program Studi D-IV

a) Keuangan Daerah

b) Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil

c) Manajemen Sumber Daya Aparatur

3.   Fakultas Hukum Tata Pemerintah

A.   Program Studi D-IV

a) Kependudukan dan Catatan Sipil

b) Praktik Perpolisisan

c) Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik

Gimana Sahabat Logic Solution? Sudah yakin belum mau mendaftar di IPDN? Itulah hal yang harus kamu ketahui mengenai IPDN. Hal ini penting karena akan menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman untuk nantinya sebagai pertimbangan masuk sekolah kedinasan yang dituju. Jaga kesehatan saat pandemi Covid-19 ini ya, dan tetap semangat mempersiapkan SPMB IPDN 2020.