PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN) : Apa dan bagaimana sejarahnya?

Halo sahabat Logic Solution! Ada yang ingin masuk PKN STAN 2020 ngga nih?
Okay, pasti banyak sekali ya yang ingin masuk PKN STAN. Adakalanya justru kuliah di STAN merupakan sebuah impian yang sedang gencar diperjuangkan. Yuk, supaya semangatmu makin membara  langsung aja mimin Logic Solution jelasin soal jejak sejarah calon kampus idamanmu di masa depan.

Sederhananya, PKN STAN ialah Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan yang menyelenggarakan Progam Vokasi yang konsentrasinya di Bidang Pengelolaan Keuangan Negara. Oleh karena itulah, segala bentuk kegiatan baik koordinasi, pemenuhan fasilitas, pengajaran hingga kurikulum pendidikan semua menyesuaikan dengan arahan dari Kementerian Keuangan.

Nah dulu berdirinya akademi dan kursus telah ada sebelum Indonesia merdeka yakni pada tahun 1957. Hal tersebut sebagai bentuk upaya terhadap pemenuhan SDM (Sumber Daya Manusia) yang memiliki keahlian khusus. Hal ini karena memang Perguruan Tinggi pada saat itu belum mampu menyediakan SDM yang mampu mengisi kekosongan tenaga kerja di Bidang Pengelolaan Keuangan Negara.

Sejarah singkat PKN STAN

Awal mula berdirinya Perguruan Tinggi Kedinasan STAN ini bersamaan dengan Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara (STIKN), A3N, ATN dan Akademisi Dinas Pemeriksa Keuangan. Pada akhirnya pelaksanaan pendidikannya dengan Institut Ilmu Keuangan (IIK). Namun berjalannya waktu institut tersebut ditutup karena fhasil peninjauan status IIK yang dipandang tidak memberikan pengaruh terhadap Tenaga Ahli di Bidang Keuangan. Lebih dari itu, realitasnya pada zaman dulu belum ada PTN yang mencetak Tenaga Ahli yang kompeten di Bidang Akuntansi.

Oleh karena itulah, seiring berjalannya waktu PKN STAN memperoleh izin resmi untuk menyelenggarakan Pendidikan Akuntansi di bawah naungan dari Kementerian Keuangan. Adapun jika dirunut sedari awal penggantian nama Perguruan Tinggi Negeri ini terjadi beberapa kali. Mulai dari Kursus Jabatan Ajun Akuntan (1952), Akademi Pajak dan Pabean (1957), Sekolah Tinggi Ilmu keuangan Negara (1959), Institusi Ilmu Keuangan (1968), Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (1975) dan terakhir Politeknik Keuangan Negara STAN.

Sejauh ini nama PKN STAN yang populer sejak tahun 2015 adalah bagian sejarah penggantian nama dan bentuknya seiring dengan perkembangannya.Saat ini PKN STAN menerima lulusan SMA/Sederajat untuk Progam Diploma I & III. Jurusan dan Progam Studi yang tersedia mulai dari Akuntansi, Pajak, Kepabean dan Cukai dan Managemen Keuangan.

Hal yang lebih penting lagi bahwa selama kuliah di PKN STAN biaya pendidikan dibebaskan dan memang adanya penempatan setelah lulus menjadi nilai unggul kampus ini. Selain itu peluang untuk mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan setelah bekerja sangat terbuka lebar. Mulai dari beasiswa dari S1/D-IV, S2 hingga S3 baik Dalam Negeri maupun Luar Negeri. Gimana? Makin semangat kan,?

Jadi kamu Cuma butuh menyediakan biaya hidup selama kuliah baik untuk biaya hidup, kos dan biaya pengeluaran lainnya. Tentu ini sangat meringankan beban orangtua mengingat biaya masuk Perguruan Tinggi Negeri Non-Kedinasan saja sampai puluhan juta. Nilai plus lainnya kamu akan ditempa di Perguruan Tinggi Negeri yang terbaik baik dari segi akademis dan non-akademis.

Makanya, banyak orang berlomba-lomba menaklukkan segala macam bentuk tes baik tes tulis, psikotes, tes kesehatan dan kebugaran. Meski demikian masuk STAN bukanlah semudah meniup debu-debu yang menempel di meja loh. Banyak persiapan dan ikhtiar yang harus dikorbankan untuk dapat lolos menjadi mahasiswa STAN.

Nah tenang aja, mimin Logic menyediakan Bimbel Persiapan Masuk Ikatan Dinas termasuk STAN ini nih. Kamu ga perlu lagi pusing mikirin Bimbel dimana sebab Bimbingan Belajar Logic Solution memili tenaga pengajar yang kompeten (Dosen Senior UGM), fasilitas nyaman, kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan ujian masa kini dan tentu harganya terjangkau di berbagai kalangan. Yuk, info lebih lanjut bisa hubungi mimin Logic yah. Semoga sukses selalu!